Untitled Document
:: Selayang Pandang
Untitled Document
Kebijakan
Perda no 7 tahun 2001
Sejarah Dinas Perkebunan Jawa Tengah
Tujuan & Sasaran
Visi & Misi
 
:: Info Disbun
Untitled Document
Harga Komoditas
Statistik Perkebunan
Hama & Penyakit
Volume & Nilai Ekspor
Eksportir
Asosiasi
Kelembagaan
Pejabat Dinas
Agrowisata
 
:: Link
Untitled Document
Badan Meteorologi & Geofisika
Departemen Pertanian RI
Google
Portal Jateng
Suara Merdeka
Yahoo
 
Untitled Document

Berita

12 Oktober 2006
Prospek & Peluang Tanaman Obat

Dinas Perkebunan bekerjasama dengan Badan Koordinasi dan Komunikasi dan Kehumasan (BIKK) Propinsi Jawa Tengah telah mengadakan Pers Release pada hari kami, tanggal 23 Desember 2004 di Kantor Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah dengan menghadirkan wartawan dari mass media cetak dan elektronik untuk menyebarluaskan informasi pembangunan perkebunan dengan tema Prospek Dan Peluang Pasar Tanaman Obat dan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2004 tentang Perkebunan. Terdapat 15 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang menjadi Sentra Utama dan Sentra pengembangan tanaman obat sehingga Jawa Tengah merupakan salah satu propinsi yang memiliki keanekaragaman hayati dan menghasilkan banyak potensiyang berhubungan dengan tanaman obat, terbukti telah memiliki lebih dari 100 jenis (spesies) tanaman obat berkhasiat yang digunakan dalam Industri Obat Asli Indonesia.

Dengan adanya industrialisasi obat tradisional lewat perusahaan jamu, serta dicanangkan program “Back to Nature” dan masuknya konsep “ Tampil Bugar dan Cantik Secara Alami” dikalangan masyarakat sehingga terjadi peningkatan permintaan produk-produk tanaman obat meletakkan Propinsi Jawa Tengah sebagai penghasil terbesar tanaman obat tradisional di Indonesia. Terdapat 15 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang menjadi Sentra Utama dan Sentra pengembangan tanaman obat sehingga Jawa Tengah merupakan salah satu propinsi yang memiliki keanekaragaman hayati dan menghasilkan banyak potensiyang berhubungan dengan tanaman obat, terbukti telah memiliki lebih dari 100 jenis (spesies) tanaman obat berkhasiat yang digunakan dalam Industri Obat Asli Indonesia.

Dengan adanya industrialisasi obat tradisional lewat perusahaan jamu, serta dicanangkan program “Back to Nature” dan masuknya konsep “ Tampil Bugar dan Cantik Secara Alami” dikalangan masyarakat sehingga terjadi peningkatan permintaan produk-produk tanaman obat meletakkan Propinsi Jawa Tengah sebagai penghasil terbesar tanaman obat tradisional di Indonesia. Peluang pasar tanaman obat telah dibentuk dengan adanya APTO ( Assosiasi Petani Tanaman Obat) dengan bukti adanya kemitraan dalam pengadaan bahan baku danbanyaknya pesanan baik pasar domestik maupun untuk diekspor. Selain itu sebagai ajang untuk mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2004 tentang Perkebunan yang memuat sanksi admnistrasi dan sanksi pidana bagi yang melanggar undang-undang tersebut.



Baca juga :

Cantik Alami
Back to Nature
Untitled Document
Untitled Document