Untitled Document
:: Selayang Pandang
Untitled Document
Kebijakan
Perda no 7 tahun 2001
Sejarah Dinas Perkebunan Jawa Tengah
Tujuan & Sasaran
Visi & Misi
 
:: Info Disbun
Untitled Document
Harga Komoditas
Statistik Perkebunan
Hama & Penyakit
Volume & Nilai Ekspor
Eksportir
Asosiasi
Kelembagaan
Pejabat Dinas
Agrowisata
 
:: Link
Untitled Document
Badan Meteorologi & Geofisika
Departemen Pertanian RI
Google
Portal Jateng
Suara Merdeka
Yahoo
 
Untitled Document

Selayang Pandang

Untitled Document
Sejarah Dinas Perkebunan Jawa Tengah

Dinas Perkebunan dibentuk dalam upaya untuk mengisi otonomi daerah dibidang pertanian khususnya urusan perkebunan. Dengan dasar surat keputusan Gubernur Jawa Tengah no. PUOD 65/2/4 tanggal 18 Januari 1973 dibentuk Dinas Perkebunan Rakyat daerah Propinsi Jawa Tengah yang mempunyai kegiatan menyangkut urusan Perkebunan Rakyat, sedang untuk urusan perkebunan besar swasta menjadi tanggung jawab dan wewenang Inspektorat Perkebunan Besar Daerah VII.

Kemudian dengan SK. Gubernur no. HUK 40/1916 tanggal 25 Mei 1976 Pemerintah Propinsi Jawa Tengah menggabungkan Dinas Perkebunan Rakyat daerah Propinsi Jawa Tengah dengan Inspektorat Perkebunan Besar Daerah VII menjadi Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah. Sehingga tanggal 25 Mei menjadi Hari Jadi Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah. Selanjutnya untuk memantapkan status hukum organisasi Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah ditetapkan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah no. 5 tahun 1980 tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah. Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan pembangunan, disempurnakan dengan perda No. 23 tahun 1981.

Karena pelaksanaan fungsi dan tugas Dinas Perkebunan tersebut diseluruh daerah kabupaten / kota se Jawa Tengah, maka dengan SK. Mendagri tanggal 17 Juni 1982 no. 061/4943/Sj dan didukung SK. Gub. No. 061.1/108/1982 dan dimantapkan dengan Perda no. 1 tahun 1986 perihal pembentukan organisasi dan tata kerja Cabang Dinas.

Dengan dilaksanakannya otonomi daerah dengan titik berat pada tingkat II, dan sejalan dengan Perda no. 3 tahun 1992 yang ditindak lanjuti dengan penyerahan secara nyata pada bulan Agustus 1993, pemerintah propinsi Jawa Tengah menyempurnakan susunan organisasi dan tata kerja Dinas Perkebunan propinsi Jawa Tengah dengan Perda no. 8 tahun 1996.

Perkembangan di era reformasi, dalam rangka melaksanakan otonomi daerah yang nyata dan bertanggung jawab, maka dirubahlah susunan organisasi Dinas Perkebunan dengan Perda no. 7 tahun 2001 tentang Pembentukan, Kedudukan, Tugas Pokok, Fungsi dan Susunan Organisasi Dinas - Dinas Propinsi Jawa Tengah. Khusus untuk Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Tengah dengan berlandaskan SK. Gubernur Jawa Tengah No. 21 tahun 2002.
Untitled Document
Untitled Document